Miyerkules, Marso 15, 2017

Cara Strategi Dalam Main Koa Atau Ceki

itukartu-920-x-80
Bandar Ceme - Koa atau Ceki adalah salah satu permainan yang umum dimainkan oleh laki-laki minang. Seringkali permainan ini dianggap sebagai judi. Tidak salah dan tidak sepenuhnya benar. Ada orang yang murni sekedar bermain saja, sedangkan taruhan kecil kecilan, seperti rokok dan teh talua, hanya untuk menambah seru permainan.

AGEN DOMINO TERBESAR DI INDONESIA ITUKARTU

Sejarah-Tradisi-Budaya-Permainan-Judi-Kartu-Ceki-Cekian-di-Bali-Traditional-Card-Gambling-Ceki-4
Permainan kartu hitam putih ini diduga berasal dari kebudayaan China keturunan yang tinggal di wilayah sekitar selat malaka (singapura, malaysia). Kemudian menyebar luas dibawa oleh orang-orang melayu, bahkan hingga ke Minangkabau. Meskipun awalnya permainan ini dimainkan oleh kaum perempuan, sekarang bahkan permainan ini dianggap permainan kaum laki-laki.
Di Minangkabau sendiri, koa bahkan sudah dianggap menjadi permainan anak nagari. Bisanya dimainkan di lapau untuk mengisi waktu, dan bahkan kerapkali dimainkan di rumah orang baralek(kenduri). Permainan ini lazim dimainkan setiap ada acara kumpul-kumpul yang melibatkan kaum bapak.
Cara Bermain Koa
Permainan koa bisa dimainkan 2 sampai 6 orang. Namun di Minang, biasanya dimainkan oleh 4 orang. Terbagi atas dua tim dan tiap tim terdiri dari 2 orang. Rekan satu tim disebut mandan. Anggota tim harus bisa bekerja sama dengan mandan-nya. Untuk itu anggota tim biasanya memilih orang yang sudah sangat paham/ orang yang dekat dengannya untuk dijadikan mandan. Karena biasanya mandan orang yang paling tahu coki rekan sepermainannya.
Dalam satu permainan digunakan 180 kartu (3 set/lakon). 1 set kartu terdiri dari 10 jenis kartu berbeda. Jadi dalam sekali permainan, akan ada 30 jenis kartu. Setiap kartu memiliki namanya sendiri. Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan untuk belajar main koa adalah menghafal kartu. Berikut daftar nama kartu tersebut:
koa-ceki-pei
Nama kartu ini harus dihafalkan oleh setipa pemain, karena tujuan permainan ini adalah untuk mengumpulkan kartu dalam jenis yang sama.
Rekan satu tim duduk berseberangan. Kemudian setiap orang dibagikan 11 buah kartu. Pemain pertama mencabut satu kartu dari tumbukan kartu di tengah, lalu membuang salah satu kartunya dalam keadaan terbuka. orang kedua kemudian bisa memilih, mengambil kartu yang dibuang pemain pertama atau mencabut dari tumpukan kartu di tengah. Begitu seterusnya.
Pemenang adalah orang yang berhasil mengumpulkan 3 kelompok kartu. yaitu 3 mato (kartu dari jenis dan bentuk yang sama), 6 kaki dan 2 klorok. misal pada gambar berikut.
koa
3 kartu paling kiri dengan jenis dan motif yang sama (sisiak), disebut mato. 6 kartu berikutnya dengan jenis yang sama (3 kartu hiu & 3 kartu bengkok) disebut kaki. 2 kartu berikutnya dengan jenis sama (batuang) disebut klorok. Kartu itulah yang kemudian disebut sebagai coki. Keadaan kartu seperti ini disebut dengan mangunggu masuak. Artinya tinggal selangkah lagi menuju kemenagan, tinggal mendapatkan satu kartu dengan jenis dan motif yang sama dengan kartu klorok.
Itulah salah satu permainan yang sangat menarik di saat kumpul dengan teman dan sanak saudara, seiring dengan jaman permainan yang serupa tapi dengan media yang berbeda bisa kamu mainkan secara online dan bertaruh dengan uang asli, caranya kamu bisa mendaftarkan diri kamu di situs gaple terpercaya. Melalui smartphone dan komputer yang kamu miliki, setelah itu kamu bisa menikmatinya dengan nyaman di mana pun kamu berada.

Walang komento:

Mag-post ng isang Komento